Bagian Anatomi Gigi

sumber: google.com

sumber: google.com

Gigi manusia terdiri dari 3 bagian utama yang penting yaitu email, dentin, dan pulpa. Email (bukan surat elektronik lho :D) merupakan bagian terluar gigi yang paling tipis, berwarna putih mengkilap namun agak transparan (translucent) itu sebabnya gigi kita tidak berwarna putih sempurna tetapi menjadi agak kekuningan dimana warna kuning tersebut didapat dari warna dentin dibawahnya. Walaupun merupakan bagian tertipis dari gigi kita, email ternyata merupakan bagian terkeras dari gigi bahkan merupakan bagian terkeras dari tubuh kita! Ya, bagian terkeras tubuh kita bukanlah tulang melainkan email gigi. Kekerasan email gigi ini dimungkinkan oleh bahan pembentuk email itu sendiri yang berupa struktur kristalin (kristal hidroksiapatit) dimana 96% terdiri dari bahan anorganilk, 1% organik dan sisanya adalah air. Kandungan pembentuk tersebut membuat sifat dari email gigi mendekati sifat keramik yang kita ketahui biasa digunakan sebagai pelapis terluar dari pesawat ulang alik luar angkasa. Wow? πŸ˜€Β 

Dibalik fakta bahwa email merupakan bagian terkeras gigi, ternyata email justru merupakan bagian yang paling sering dan rentan terhadap serangan asam karena posisinya yang merupakan bagian terluar dari gigi. Inilah sebabnya mengapa email gigi sering berlubang dan menjadi rapuh apabila kita kurang baik dalam merawat gigi kita. Bagian kedua gigi setelah email adalah dentin. Berbeda dengan email, dentin berwarna kekuningan dan merupakan bagian terbesar dari gigi. Komposisi dentin juga berbanding terbalik dengan email dimana dentin terdiri dari 85% material organik, ini sebabnya dentin bersifat sedikit lebih lunak dari email. Bentuk dentin yang “berpori” karena tersusun dari tubuli dentin menyebabkan dentin lebih sensitif terhadap rangsang suhu (panas – dingin) maupun kimia. Inilah sebabnya dentin menjadi lapisan kedua gigi dan memiliki pelapis sekaligus pelindung. Pada bagian mahkota gigi, dentin dibatasi dan dilapisi oleh email, sedangkan pada bagian akar gigi maka dentin dibatasi oleh lapisan tipis sementum.

sumber: google.com

sumber: google.com

Bagian paling penting gigi yang terakhir adalah pulpa. Pulpa merupakan sebuah ruangan di tengah-tengah gigi. Pada ruang pulpa ini terdapat pembuluh darah kecil serta syaraf-syaraf gigi. Inilah sebabnya mengapa kita merasakan sakit yang luar biasa saat terdapat karies (gigi berlubang).

sumber: google.com

sumber: google.com

Bagaimana? Masih kurang jelas? Silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah. Malu bertanya sesat dijalan πŸ˜€

Sekian, semoga bermanfaat.

 

Dokter Gigi Nyoman Wikarna

Praktek: Jl. Gatot Subroto VI no. 5 Denpasar -> map

Telp: (0361) 438499

Iklan
Categories: Pengetahuan | Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Navigasi pos

13 thoughts on “Bagian Anatomi Gigi

  1. fitri

    Saya mau tanya dok, harga pasang gigi implan berapa ya? Klau boleh curhat sedikit dok, Kebetulan saya pernah kecelakaan yg mengakibatkan 3 gigi atas saya patah,yg akhirnya saya pasang gigi palsu permanen selama -+ sudah 7thun dan selama itu pula saya blom pernah periksa gigi lg. Tapi lama kelamaan saya merasa gigi saya agak maju dikit,dan gusi atasnya agak kehitaman. Klo menurut dokter apa perlu gigi palsu saya di ganti?

    • Wah, saya kebetulan tidak mengambil implan jdi tidak berani memberi kisaran harga. πŸ™‚
      Untuk gigi palsu permanen sperti yg anda katakan tadi, 7 tahun merupakan waktu yg sudah sangat lama. Apabila memang saat ini sudah mulai dirasa ada keluhan silahkan konsultasikan langsung dengan dokter gigi anda. πŸ™‚

  2. aku ada masalah gigi berlubang nih dok, geraham atas yang pertama sebelah kanan berlubang sangat dalam dan sudah menyelewati pulpa tampaknya.. ( pernah masukin jarum dan ternyata masuk lebih dari 3 centi ), nah setahun yang lalu sakitnya luar biasa sampai demam 3 hari, cek kedokter diberi obat penghilang rasa sakit, trus sembuh dan ndak masalah,,
    nah sekarang kumat lagi nyerinya, berdenyut-denyut trus dan panas di pipiku, itu bagusnya dicabut pa ndak dok..
    sudah goyang giginya,, dan sekedar info lubangnya sebesar giginya jadi tengahnya bolong dan sekedarnya saja dipinggirnya..
    pengen saya cbut terus nih..
    gimana sarannya dok tuk gigi geraham aq ini ..
    thanks ..
    klo bisa jawabannya dikirim ke email saya ya dok
    biar cepat saya thu jawabannya
    huseinhasibuan@gmail.com

    • Dulu hanya diberi obat saja? Tidak sampai ditambal permanen?
      Kalau memang lubangnya sudah sangat besar sehingga tidak dapat ditambal lagi dokter akan menyarankan untuk dicabut dan kemudian menggantinya dengan gigi palsu. Jadi untuk perlu cabut atau tidaknya tetap perlu dilihat langsung oleh dokter gigi.

  3. desiana

    dok , saya mau menanyakan tentang gigi depan atas saya ada yang berlubang, apabila harus ditambal sebaiknya menggunakan bahan yang terbuat dari apa untuk gigi depan atas, terima kasih

    • Kalau lubangnya tidak terlalu besar bisa menggunakan komposit. Hampir tidak terlihat perbedaannya dengan gigi biasa. πŸ™‚

  4. alam

    dok saya mau tanya, dlu sya puny gigi berlubang ttapi sdah d tmbal, skrg gigi itu tersa ngilu dan sakit. mskipun dlam keadaan tdak mkan/ minum trkadang rasa sakit itu ada.. apkah ini yang dsbut gigi sensitif? mhon solusinya..

    • Ada 2 kemungkinan. Yg pertama, mungkin itu merupakan keluhan dari gigi tetangganya (disebelah gigi yg ditambal). Yg kedua, tambalan tersebut bermasalah sehingga perawatan harus diulang (tambalan dibongkar).

  5. meymey

    Infonya donk…baru2 ini saya nambal gigi seri saya…sudah di tambal permanen dengan 1x tambal sementara…di obatin gitu…tapi setelah di tambal gusi gigi seri saya terasa pegal..apakah itu hal yang wajar pada awal masa penambalan??

    • Gusinya bengkak, sakit? Harusnya tidak. Coba diperiksakan lagi ke dokter gigi yg menambal sebelumnya.

  6. dok, saya punya teman yang salah satu gigi gerahamnya sudah dilakukan perawatan namun jadi tumbuh polip.. sebaiknya apa yang harus dilakukan kalau sudah tumbuh polip pada giginya dok?

    • Dibawa ke dokter lagi, kalau tidak terlalu parah dan masih bisa dirawat ya tambalannya dibongkar dan diulang lagi. Tapi kalau sudah parah terpaksa harus dicabut.

  7. dokter saya liat terminologi dan nomenklatur gigi lebih jelasnya ya dok?

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: