Cara Merawat Gigi Bayi

sumber gambar: google.com

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, gigi anak – anak atau biasa kita sebut sebagai gigi susu ternyata memiliki peran yang cukup penting bagi tumbuh kembang anak. Baik secara fisik maupun psikologisnya. Namun tahukah anda, bahwa merawat gigi anak tidak selalu harus menunggu usia mereka untuk cukup umur terlebih dahulu karena merawat gigi umumnya selalu kita kaitkan dengan menyikat gigi. Jadi kebanyakan orang tua berpikir untuk menunggu anak mereka agar dapat menyikat giginya sendiri baru mereka dikatakan siap untuk melakukan perawatan gigi. Faktanya? Salah! Gigi anak-anak dapat kita rawat sedini mungkin. Bahkan ketika mereka masih bayi, ketika gigi mereka baru muncul untuk pertama kalinya. Bagaimana caranya?

Gigi bayi umumnya telah mulai tumbuh untuk pertama kalinya begitu sang bayi berusia 6-7 bulan setelah dilahirkan. Begitu gigi pertama bayi muncul kita sudah dapat melakukan perawatan untuk menjaga kondisi gigi tersebut. Bagaimana caranya? Apa kita langsung mengajarkan dia untuk langsung memegang sikat gigi? Hahaha 😀 Tentu sebagai orang tua yang baik andalah yang harus berperan aktif demi kesehatan bayi anda sendiri. Untuk merawat gigi bayi yang baru mulai tumbuh anda dapat menggunakan kain lembut atau washlap bersih yang telah direndam sebentar di dalam air hangat, kemudian kain tersebut anda lilitkan di jari telunjuk anda. Lalu mulailah mengelap bagian gigi bayi yang sudah mulai tumbuh secara lembut dan perlahan karena anda tidak ingin menyakiti bayi anda atau malah merusak giginya yang masih baru itu. 😀

Ulangilah sekali lagi dan ingatlah untuk selalu membilas serta membersihkan kain yang anda gunakan tiap kali anda mengulang untuk mengelap gigi bayi anda. Sama seperti menyikat gigi pada umumnya, usahakan untuk selalu melakukan tindakan pembersihan dengan lap halus ini minimal 2 kali sehari, yaitu tiap setelah makan dan sebelum tidur pada malam hari.  Setelah anak anda mulai beranjak dewasa, mulailah mengajarinya untuk selalu menyikat giginya dengan benar. Diet makanan manis dan lengket serta selalu memperhatikan asupan gigi anak juga sangatlah penting. Terakhir tentu saja, sama seperti iklan pasta gigi di televisi, rutinlah memeriksakan gigi anda ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali. 😀 Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati! Merawat gigi berlubang maupun rusak sedini mungkin jauh lebih hemat waktu dan biaya dibandingkan apabila anda memperbaikinya setelah terlambat. Sekian dan terima kasih. 🙂

drg. Nyoman Wikarna

Praktek: Jl. Gatot Subroto VI no.5 Denpasar (100 meter utara RS Puri Bunda) -> map

Buka tiap hari senin – jumat, mulai pukul 17.30 – 20.30 WITA

tel: (0361) 438499

Artikel lainnya -> HOME

Iklan
Categories: Pengetahuan | Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Navigasi pos

8 thoughts on “Cara Merawat Gigi Bayi

  1. Riski

    dok, saya mau tanya. saya berumur 24th. gigi geraham bawah paling belakang mau tumbuh tetapi saya merasa tumbuh giginya kesamping karena gusinya bengkak dan keras. kira2 apa saya harus di rontgen gigi?

  2. edi

    dok, mau tanya, kepala bagian kanan saya sakit yang tidak jelas saya tidak tahu penyebabnya tetapi gigi geraham 7 atas dan bawah saya sudah tanggal. mungkinkah penyebab sakit kepala saya karena tanggalnya gigi tsb? dan saya harus pasang gigi palsu?

    • Sakit kepala akibat pencabutan gigi belum pernah saya dengar sebelumnya. Adik yakin kalau gigi tersebut sudah dicabut sepenuhnya? Tidak ada sisa akar? Untuk sakit kepala coba diperiksakan ke rumah sakit atau dokter umum terlebih dulu.

  3. Rani

    maaf dok, mau nanya. umur saya sekarang 20th, 8 thn lalu, bagian wajah saya terbentur akibat kecelakaan mobil dan dua gigi seri atas saya terlihat ada retakan halus, alhmdulillah blm pernah goyang, namun masalahnya seringkali terasa ngilu. kira2 solusi yg tepat untuk menangani gigi sy gimana ya, Dok? terimakasih banyak sebelumnya….

  4. dian

    mau tanya dok,gigi saya ada bagian kuning di ujung gigi,tapi hanya sedikit di ujung.apa bisa di putihkan kembali…trims

    • Putihnya mengakibatkan ngilu tidak? Biasanya kuning di ujung gigi merupakan akibat dari pengikisan lapisan email dari gigi tersebut. Kalau memang mengakibatkan ngilu maka solusinya adalah dengan ditambal.

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: