Kapan kita perlu mencabut gigi?

cabut gigi
sumber gambar: google.com

Mencabut gigi bukanlah hal yang mudah dan dapat kita lakukan sembarangan. Banyak pertimbangan dan alasan yang harus diperhitungkan sebelum seorang dokter gigi memutuskan untuk mencabut gigi pasiennya. Oleh karena itu pulalah maka pencabutan gigi hanya dilakukan sebagai pilihan terakhir pada suatu kasus. Jadi kapankah sebenarnya kita perlu mencabut gigi? Berikut adalah beberapa pertimbangan seorang dokter gigi sebelum melakukan tindakan pencabutan gigi:

Gigi sulung anak-anak yang terlambat tanggal

Gigi sulung umumnya akan tanggal sendiri dan nantinya digantikan oleh gigi permanen, namun sering juga ditemukan gigi sulung yang tidak tanggal juga padahal seharusnya gigi tersebut sudah terlepas sejak lama, bahkan ada juga gigi sulung yang tidak tanggal padahal si anak sudah berusia dewasa. Gigi sulung yang terlambat tanggal seperti itu sangat perlu dicabut secara manual karna gigi sulung yang tidak tanggal pada waktunya dapat mengganggu pertumbuhan gigi permanen dibawahnya bahkan membuat gigi permanen tumbuh keluar dari jalurnya hingga membuat gigi menjadi tidak beraturan / berantakan.

Gigi berlubang yang terlampau parah

Pada orang dewasa, alasan lain untuk mencabut gigi adalah apabila terdapat lubang gigi yang sudah terlampau parah dan tidak mungkin untuk dipertahankan lagi. Gigi berlubang yang besar apabila tetap dipertahankan didalam mulut anda dapat berbahaya bagi anda sendiri. Gigi berlubang disebabkan oleh bakteri yang berkoloni dan berkembang di dalam gigi, mempertahankan gigi dengan lubang besar sama dengan mempertahankan banyak bakteri jahat di dalam mulut anda. Bakteri dalam lubang gigi dapat masuk ke ruang gigi yang penuh dengan pembuluh darah dan saraf, selain menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, bakteri juga dapat masuk kedalam pembuluh darah dan mengalir ke seluruh tubuh. bakteri juga dapat bertahan dan berkembang biak di dalam tulang rahang  dan menyebabkan gangguan lain, bahkan memicu tumor dan kista.

Sisa akar akibat gigi patah atau “lapuk / keropos”

Sama seperti gigi berlubang besar, sisa akar yang bertahan dalam mulut juga tidak baik bagi rahang maupun gusi bahkan bagi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Bahkan sebenarnya salah satu penyebab sisa akar dan sering kali dianggap gigi “lapuk / keropos” oleh kebanyakan orang sebenarnya juga diakibatkan oleh lubang gigi parah yang akhirnya membuat mahkota gigi habis membuat kesan gigi lapuk yang mudah hancur. Bakteri baik pada sisa akar akibat gigi berlubang maupun dari akibat lainnya dapat membahayakan kesehatan kita, sisa akar juga membuat kebersihan mulut kita susah untuk dipertahankan, dan tentu saja meninggalkan kesan jorok dan tidak sedap dipandang.

Setelah mengetahui alasan dan saat yang tepat untuk mencabut gigi, pasien juga harus mengingatkan dokter mengenai penyakit yang pernah dan sedang kita alami sebelum mencabut gigi. Darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, kencing manis (diabetes), epilepsi, hemofilia (kelainan darah), penyakit menular (hepatitis, HIV/AIDS, dll) sehingga dokter gigi dapat melakukan tindakan pencegahan maupun melakukan tindakan yang lebih hati-hati sesusai penyakit yang anda miliki. Pada wanita, kondisi saat sedang hamil juga perlu dikonsultasikan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencabut gigi. Pada orang dengan karang gigi yang terlampau banyak sangat disarankan untuk melakukan skeling (pembersihan karang gigi) terlebih dahulu. Hal-hal kecil yang kadang terlihat tidak penting sekalipun dapat menjadi sumber dari kegagalan maupun efek samping dari pencabutan gigi, sangatlah diperlukan kejujuran dari pasien untuk berterus terang mengenai kondisi dirinya sendiri kepada pasien sebelum melakukan perawatan di dokter gigi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan. Ingatlah! Pasien senang dokter senang 🙂

Dokter Gigi Nyoman Wikarna

Jl. Gatot Subroto VI no.5 Denpasar (100 meter sebelah utara RSIA Puri Bunda)  ->> map

Iklan
Categories: Pengetahuan | Tag: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Navigasi pos

38 thoughts on “Kapan kita perlu mencabut gigi?

  1. dwi tunggal

    Dokter, saya mau tanya. Saya cowok umur 23 th. Saya sering merasakan ngilu ketika makan, setelah sya periksa ke drg, beliau menganjurkan sya utk ronsen panoramic, dri hasilnya drg saya blang trnyata ada abses. Dan gigi itu pun lalu di cabut padahal gak ada lubangnya. Pencabutan nya 2 tahap, yang pertama 2 minggu lalu, di cabut trnyata menyisakan akarnya, dan yg kedua minggu kemarin, utk mencabut akarnya tapi sebelum nya saya mlakukan pemeriksaan ronsen periapical dulu. Dan yg tercabut hanya satu saja, yg satunya drg nya bilang terlalu dalam, jadi di biarkan saja.

    Saya mau tanya,,
    1. Apakah abses itu? Dan apa penyebab nya dok..
    2. Akar gigi yg tertinggal itu walaupun kecil apakah nantinya akan mengganggu, karena pas di ronsen periapical, hasilnya terlihat kecil, namun setelah dicabut ternyata akarnya melebar. Drg nya bilang nanti akan kluar sndiri, apakah bnar ?
    3. Kenapa nyerinya belum hilang juga dok, padahal sudah 1 minggu pasca penyabutan akar..

    Trimakasih sebelumnya dokter..

    • 1. Abses terbentuk dari koloni bakteri yg berkembang di ujung akar, biasanya karena gigi berlubang. Kalau dibiarkan lama2 dia akan mencari jalan keluar dan membentuk lubang di gusi yang mengeluarkan nanah.
      2. Untuk masalah sisa gigi keluar sendiri itu memang bisa saja terjadi tapi umumnya lama.
      3. Gigi sakit jelas terjadi pada sisa akar yg tertinggal, kalau memang tidak tahan silahkan minta kembali pada dokter gigi untuk diusahakan mencabutnya.

  2. dwi tunggal

    Oh iya dok, gigi yg bermasalah itu gigi nomor 6 kiri bawah..

  3. Shatia

    Pak dokter saya mau nanya nih,, saya kan giginya berlubang tapi saya bingung berlubang besar parah atau biasa, yang pasti pertama kali saya rasakan sakit saat saya sedang makan tiba tiba ada potongan nasi masuk dan saya kunyah rasanya sakit banget dok sampai air mata keluar seketika sakit seperti di tusuk dalem bgt pake jarum,solusinya apa nih dok dicabut atau gimana saya bingun + takut

    • Biasanya yg seperti itu masih bisa diselamatkan, hanya saja prosesnya lama. Perlu bolak balik beberapa kali ke dokter gigi. Untuk lebih pastinya diperiksakan langsung saja secepatnya. 🙂

  4. Dok ,gigi graham sy brlubang dua2ny.kanan dn kri.yg sblah kri ga prnah buat ngunyah.krn lubangnya itu dlem bgt..tp kalo yg sblah knan mash bsa buat ngunyah.krn lubangnya msh ada gusinya.jd ga senut2 kalo dipake ngunyah. Mnurut dokter .harus gmana?dicabut dua2nya apa di tambal saja?mksh

    • Harus dilihat langsung mbak ais. 🙂 masih ada gusi itu maksutnya gimana ya? Gusi tumbuh diatas gigi? Kalau giginya sudah hancur harusnya dicabut, tapi kalau masih bisa diselamatkan ya tentu lebih baik ditambal.

  5. rani

    dok,sy 25 th gigi taring msh gigi sulung-bentukny kecil dan menguncup.nah,skrg yg 1 goyang.gmn dok hrs dicabut yah?kalo udah dicabut,gigi permaneny tumbuh atau hrs psg gigi palsu?

    • Mbak rani, coba dibawa langsung ke dokter gigi untuk memastikan benar tidaknya gigi tersebut masih susu. Apabila benar brarti memang lebih baik dicabut. Untuk tumbuh tidaknya gigi permanennya coba minta dibuatkan foto rontgen untuk memastikan.

  6. Kis

    Sore dok….gigi saya uda lapuk 2 graham atas bawah,,,saya mau cabut k dokter tapi masih bingung…kira2 ada efek nya ndak dok…trus kisaran biaya nyabut 2 akar gigi brapa dok???tks

    • Asalkan tidak terdapat penyakit bawaan seperti jantung, kencing manis, darah tinggi, dll harusnya tidak ada masalah. Berterus terang kepada dokter sebelum dicabut adalah tindakan terbaik untuk mencegah komplikasi. Untuk biaya biasanya berbeda tiap dokter, untuk harga ditempat saya silahkan cek email.

  7. awen

    gigi saya sakit nyut nyut
    gigi graham nomor 2 dri dalam sebelah bawah

  8. indahwaty

    Drg. Wikarna yth,
    Tanya ya dok, anak laki-laki saya umur 8 thn. Gigi seri susu, rahang atas, 4 bh sdh tanggal dan gigi seri permanen sdh tumbuh 2 bh. Trus gigi seri permanen yg ke-3 akan tumbuh terhalang oleh gigi taring susu, sehingga tumbuh miring. Jadi saya bawa ke dr. Gigi utk dicabut gigi taring itu (kondisi gigi taring susu msh bagus dan tdk goyang). Tapi kemudian dr. Gigi itu bilang, gigi nya patah, sehingga ada sisa patahan gigi di dalam gusi. Menurut dr. Gigi itu, patahan gigi kecil dak tidak apa-apa, patahan gigi itu akan keluar sendiri apabila gigi permanen baru tumbuh. Apakah patahan gigi itu benar tdk apa-apa dok ? Apakah perlu di rontgen ? Apakah saya terlalu cepat mencabut gigi taring susu itu padahal kondisi msh bagus belum goyang ? Terimakasih atas jawaban nya dok

    • Umur 8 tahun memang terlalu dini untuk mencabut gigi taring. Memang tidak bisa disalahkan juga untuk membiarkan sisa akarnya dibiarkan dengan pertimbangan apabila dipaksa akan mengganggu bahkan merusak pertumbuhan benih dibawahnya. Setelah sisa akar muncul dan terlihat baru segera dicabut. Apabila ibu masih kawatir dan ingin lebih pasti dapat dilakukan foto rontgen.

  9. nurafnie

    dok saya afnie 16 tahun, gigi saya berlubang besar banget sebelah kanan dan kiri, dan yang sering sakit sebelah kanan dan kalo sakit sampe bengkak…..
    saya pengan cabut gigi tapi bingung waktu yang tepat buat cabut gigi, soal nya saya takut banget kalo pengen ke dokter gigi……

    • Istirahat dan makan yg cukup sebelum berangkat ke dokter. Apabila memiliki riwayat penyakit tertentu sebaiknya kontrol dahulu ke dokter yg biasa menangani penyakit adik dan minta surat rekomendasi mencabut gigi untuk kemudian ditunjukkan ke dokter gigi adik.

  10. yunia

    Malam Dok,
    salam kenal..langsung saja ya dok , gigi atas sebelah kiri (Gigi ke 2) saya patah sbagian , saya biarkan cukup lama akhirnya sering ngilu dan sakit lalu abses. saya ke dokter gigi lalu di obati kemudian dilakukan perawatansaluran akar 3 kali dan di tambal. sebelum di tambal permanen di sekitar gigi tsb kalau sy tekan masih sakit dan saya agak ragu, tetapi dokternya bilang itu karena tulang giginya tipis.setelah di tambal permanen masih seperti itu juga , rasanya sgt tdk nyaman , krn saya tersenyum dan menguap tempat yg terkena tekanan agak sakit spt kalau di tekan jari. pertanyaan saya :
    1. apakah perawatan saluran akarnya tidak sempurna? atau blum bersih benar?
    2. benarkah tulang gigi yg tipis mengakibatkan sakit kalau di tekan?
    3. apa yang harus saya lakukan? apa tambalan tetap harus di bongkar lagi krn takut saluran akar blum bersih benar shg akan abses atau ada masalah di kemudian hari? Mohon penjelasan secepatnya dok, oh ya yg melakukan perawatan bukan spesialis konservasi gigi ..tapi drg saja.tks

    • Memang banyak faktor penyebab untuk keluhan yg adik jabarkan tadi, salah satunya memang karena perawatan yg kurang sempurna. Silahkan dibawa kembali ke dokter yg merawat untuk diperbaiki.

  11. Zulfa

    Dok.. Klo gigi gingsul pada usia 17 thn itu gimana cara merapikan nya? Apa mesti harus di cabut trs di pasang gigi palsu?

  12. Ni Putu Fitri Indriyani

    Selamat Siang dok,

    Salam kenal dok, saya fitri (23). Saya mau tanya dok, gigi geraham belakang saya lubangnya sudah parah dan kemaren gigi tersebut keropos sehingga meninggalkan sisa gigi yg sangat tajam dan mengganggu sekali dok, karena lidah saya sangat sakit tertusuk oleh gigi yang tajam tersebut. Apakah gigi tersebut bisa dipotong/diratakan saja dok tanpa harus dicabut?

    Terima Kasih sebelumnya,
    Salam

    • Lebih baik dicabut langsung, membiarkan gigi busuk tertanam lama dirahang sangat berbahaya dan berpotensi menimbulkan efek samping yg tidak diinginkan.

  13. putra

    Pagi dok,
    Saya putra 23 th. Gigi geraham atas kanan ada yg berlubang (cukup parah menurut saya)
    Semalam sangat sakit sampai tidak bisa tidur
    Untuk biaya cabut di t4 dokter brp?

  14. dok, anak saya sudah berusia hampir 8 tahun, tapi belum ada gigi susu yang tanggal, malah giginya masih bagus-bagus, apa ada masalah dengan keterlambatan tanggal gigi susunya itu dok, terimakasih

    • Gigi susu yg terlambat tanggal dapat menyebabkan gigi permanen dibawahnya menjadi terhambat untuk tumbuh, namun terkadang dapat juga dicurigai tidak adanya benih gigi permanen dibawahnya. Coba diperiksakan langsung ke dokter gigi.

  15. Dian

    selamat malam dok, saya dian 21 tahun. gigi geraham bawah sy sebelah kanan berlubang besar sudah tdk bisa diselamatkan (ditambal), sudah tanya sm 2 dokter juga..katanya lebih baik dicabut. akhirnya 5 hr yg lalu sy beranikan diri cabut.
    Gigi sy itu selain drpada berlubang tdk pnya mslh lain, sy tdk sakit gigi sma sekali. setelah dicabut, berdarah semalaman, bhkan smp keesokan harinya dan pipi sy di daerah situ jd membengkak. belakangan ini sudah mulai mengempis. yg ingin sy tanyakan;
    1. apa normal stlh cabut gigi berdarah smp keesokan harinya? kalau tdk normal apa pnyebabnya ya?
    2. ktnya gigi geraham sy ini sudah terlalu rapuh, jd wkt mahkotanya dicabut, hancur, meskipun akarnya bersih dicabut. ada bbrp serpihan yg tertinggal, apa benar bisa lepas sendiri? serpihannya sangat kecil, apa bisa dicabut di dokter?

    • 1. Penyebab gigi berdarah semalaman setelah dicabut itu bisa karena banyak hal. Bisa karena trauma yg besar, penyakit bawaan, maupun kesalahan setelah mencabut gigi.
      2. Serpihan gigi kecil seharusnya bisa langsung dibersihkan saat pecabutan gigi.

  16. Dok,, usia saya 19 th,, tapi gigi saya seperti gigi sulung semua dok,, kira kira kalo mau cek gigi dan rontgen ,, biaya nya berapa ya dok???

  17. Malam dok.
    Dok saya mau tanya.umur saya 14 thn.
    Gigi graham atas(2) mau payah..adakah gigi saya dok bisah tumbuh kembali atau harus guna gigi palsu??sebelum ini gigi graham atas(2) belum lagi pernah patah dari umur saya masih 12 thn..

    • Coba dibawa langsung ke dokter gigi ya. Kalau belum terlalu parah bisa ditambal. Gigi permanen tidak bisa tumbuh lagi.

  18. tina

    kalo keseringan berkumur air garam apakah akibatnya dok??

    • Setahu saya sih hampir tidak ada, tetapi tentunya kita harus ingat bahwa sesuatu yg berlebihan tidak pernah baik. Silahkan koreksi bila ada jawaban yg lebih tepat.

  19. Pojan

    Dok gigi depan saya berlubang..kira2 berapa ya biaya nambalnya?

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: