5 alasan mengapa gigi berlubang perlu segera ditambal

sakit gigi
sumber: google.com

Gigi berlubang seringkali dianggap masalah yang sepele oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Gigi dengan lubang kecil, hanya berupa titik hitam kecil di gigi seringkali dianggap bukan masalah besar. Tapi benarkah demikian? Berikut adalah 5 alasan mengapa gigi anda yang berlubang perlu segera anda tambal di dokter gigi.

1. Semakin kecil lubang semakin mudah diperbaiki

Lubang gigi disebabkan oleh bakteri yang berkembang biak dan menghasilkan asam dipermukaan gigi yang akhirnya membuat gigi anda menjadi rapuh. Semakin kecil lubang gigi berarti semakin sedikit bakteri yang ada didalamnya. Dan semakin sedikit bakteri didalamnya berarti semakin besar pula kemungkinan kita mempertahankan gigi asli kita. Gigi asli tetaplah yang terbaik dan pantas untuk dipertahankan.

2. Lubang kecil dapat membesar dengan cepat

Lubang gigi yang masih terlihat kecil tidak selamanya boleh kita anggap sepele. Bakteri penyebab gigi berlubang ada berbagai macam jenis. Terkadang ada yang berkembang lambat dan ada juga yang sangat cepat. Lubang yang terlihat pada permukaan gigi juga tidak selamanya mewakili kondisi asli gigi kita karena seringkali lubang yang terlihat kecil justru ternyata telah menjadi besar di dalam gigi tanpa kita sadari. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan fenomena “gigi keropos” dimana gigi kita tiba-tiba pecah dan hanya menyisakan akar giginya saja.

3. Sakit gigi dapat menghancurkan hidup kita

“Lebih baik sakit gigi, daripada sakit hati”. Masih ingat petikan lagu tadi? Dan kenapa sakit gigi dipilih menjadi sakit dengan siksaan paling mengerikan kedua setelah sakit hati dalam lagu tadi? Karena sakit gigi memang amat menyakitkan dan mampu “melumpuhkan” kita! Ya, ketika kita sakit gigi tentunya kita menjadi tidak enak makan, tidak nyaman berbicara, tidak mampu untuk bekerja, badan menjadi lemas, kepala sakit tak karuan, dan percayalah bahwa anda sama sekali tidak ingin menjadi salah satu korbannya. Oleh sebab itu, lebih baik mencegah daripada merasakannya bukan? Lubang kecil dapat berubah menjadi monster dalam waktu sekejap, menghilangkan lubang sedini mungkin sama dengan menghilangkan kesempatan kita untuk menjadi korban sakit gigi selanjutnya.

4. Menambal lubang kecil jauh lebih murah dan aman daripada memperbaikinya saat sudah parah

Untuk menambal gigi berlubang dokter gigi pada umumnya perlu untuk ikut mengambil bukan hanya jaringan gigi yang rusak tapi juga sebagian jaringan gigi sehat disekitar lubang. Semakin besar lubang berarti semakin banyak jaringan gigi sehat yang dikorbankan dan begitu juga sebaliknya, semakin kecil lubang maka semakin banyak jaringan gigi sehat yang tersisa. Ini juga berarti bahwa waktu kunjungan dan rasa tidak nyaman saat perawatan gigi menjadi semakin berkurang. Menambal gigi saat lubang belum parah juga berarti memperkecil kemungkinan gigi untuk berlubang kembali (kambuh).

5. Bahan tambal gigi kini sudah semakin baik

Apa anda jenis orang yang takut gigi anda tampak buruk setelah ditambal karena dokter gigi menggunakan tambalan hitam? Tenang, kini jenis-jenis tambalan gigi sudah semakin berkembang. Bahkan yang sedang populer adalah tambalan sewarna gigi yang artinya orang lain atau bahkan anda sendiri mungkin tidak akan sadar bahwa gigi yang sedang anda pandangi pernah anda tambal sebelumnya. Ingatlah, semakin kecil lubang gigi maka jenis tambalan yang bisa anda pilih menjadi semakin bervariasi, banyak pilihan, dan tentunya dengan biaya yang semakin terjangkau.

Masih berpikir untuk menunda menambal gigi anda yang berlubang? Atau bahkan mungkin anda menemukan alasan-alasan lain untuk cepat-cepat menambal gigi anda? Ingatlah, gigi yang sehat merupakan sumber hidup yang sempurna. Rawat gigi anda setiap hari dan lakukan kontrol rutin ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali.

Dokter Gigi Nyoman Wikarna

Jl. Gatot Subroto VI no.5 Denpasar, Bali -> Map

Iklan
Categories: Pengetahuan | Tag: , , , , ,

Navigasi pos

155 thoughts on “5 alasan mengapa gigi berlubang perlu segera ditambal

Comment navigation

  1. rahman

    dok saya mengalami masalah gigi berlubang yang berukuran separuh gigi dan lubangnya sudah sampai gusi. sebenarnya sudah di tambal sejak lama tapi hari ini tambalannya lepas sendiri. saya kaget ternyata lubangnya semakin dalam ke gusi. gmn ya dok solusinya apa harus ditambal kembali atau dicabut? terima kasih.

  2. Kiki

    Halo Dok,

    GIgi geraham atas kedua dari belakang saya bolong, sepertinya karena posisi gigi yang turun sehingga membentuk rongga di antara gigi di depannya. Gigi itu turun karena geraham bawahnya sudah dicabut tapi tidak dipasangi gigi palsu. Pertanyaann saya, apakah geraham atas itu bisa dirawat saja (walaupun mungkin susah ya karena posisi bolongnya menghadap gigi depannya)?

    Saya menghindari gigi itu dicabut dok. Tapi memang susah untuk pasang gigi palsu di geraham bawahnya karena ruang kosong sudah terisi penuh oleh geraham atas yang turun kira2 3 mm.

    Terima kasih sebelumnya.

    • Kalau kondisi giginya sudah terlanjur seperti itu ya memang sebaiknya dicabut saja. Tapi kalau tidak ingin mencabut dan memang tidak merencanakan untuk membuat gigi palsu saya rasa masih bisa ditambal. Untuk lebih pastinya silahkan diperiksakan langsung ke dokter gigi.

  3. dokter, gigi saya mulai berlubang sebesar mata pulpen, saya baru nyadarnya hari ini, dan di gigi bawah disamping kiri ada bintik2 hitam gimana solusinya dok, dan jika ditambal ada efek sampingnya ngak…. thanks dok….

  4. Sisi

    Dok, tambalan gigi saya berwarna hitam, saya tidak tahu apa jenis tambalan yg dipakai. Tapi ada dok gigi lain yg mengatakan kalau jenis tambalan ini berbahaya krn mengandung merkuri dan bisa mengakibatkan kanker di kemudian hari. Jadi disarankan dibongkar tambalannya. Benarkah demikian? Terimakasih sebelumnya Dok…

  5. isti

    dok, gigi saya gingsul bagian kanan atas, kebetulan disebelah gigi gingsul itu memang sudah aa gigi yang berlubang n tembelannya raa hitam jadi saya nggak pee kalo mau senyum… solusinya gimana ya biar gigi saya terlihat rapi lagi??apakah sya bisa kalo pake behel kalo sudah bnyak gigi yg berlubang??

    • Kalau memang mau, adik dapat melakukan tambal ulang dan minta menggunakan bahan tambal yg sewarna dg gigi asli adik.
      Dg bahan tambal baru seharusnya tetap bisa dipasang behel.

  6. leonard

    dok, gigi depan saya baru aja ditambal, tapi kok hasilnya kasar ya ? mungkin gak ntar jadi licin kayak gigi lainnya?

  7. Hallo Dok, mau tanya saya ada gigi lubang di bagian atas lubangnya besar sampe ke gusi, sudah lamaaaa banget dan sudah karies . Apakah masih perlu di tambal atau dicabut ya dok ?? Kalo di cabut soalnya di samping gigi lubang itu tumbuh gigi juga (tumpat ya?) Apa boleh tuh di cabut ?? Biaya berapa ya ?? Pengen pasang behel juga, soalnya gigi depan tumbuh besar dan agak miring , biar mau rata dok … Mohon infonya … Makasih dok πŸ˜€

  8. dian

    dok klu utk tambal gigi brp biayanya?????makasih dok

  9. ba

    dok. knp ya stlh sy nambal gigi ko rasanya ada yg mengganjal ngk enak bnget di pakai kuyah mknan..
    tlng dbls ya dok makasih…

  10. dok apakah gigi ditambal mengurangi umur gigi dok???

    • Justru memperpanjang umur gigi. Apabila gigi berlubang dibiarkan maka lubang akan terus membesar hingga membuat gigi membusuk.

  11. mau tanya dok
    gig saya berlubang sudah lama banget
    sudah sampai akar. apa masih bisa diobati dok???

    tolong dibalas ya dok
    makasih sebelumnya
    ditunggu balasannya…

  12. kina

    dok, gigi saya kan sudah ditambal, tapi tidak nyaman dok, gigi yg ditambal lebih tinggi dari yg sebelahnya, apakah bisa diperbaiki atau di tambal ulang dok,, tambalannya baru 10 hari

  13. dok mau tanya gigi graham apakah bisa ditambal dan brapa biayanya?makasi

  14. kina

    apa maksud gigi palsu permanen itu dok?
    dan berapa harganya?
    dan kadang” gusi saya berdarah sendirinya dok tapi sedikit, apa penyebabnya?

    • Gigi palsu permanen itu adalah gigi palsu yg tidak bisa dilepas, jadi dia terpasang selamanya. Untuk penyebab gusi mudah berdarah bisa banyak hal, yg paling sering adalah buruknya kebersihan mulut dan karang gigi yg banyak. Untuk biaya silahkan cek email.

      • kina

        apa gx ada efek samping dari gusi berdarah dok???
        soalnya gusi yg berdarah cuma sedikit dan disela” gigi

      • Awalnya memang sedikit tapi bukan berarti tidak bisa meluas. Silahkan diperiksakan ke dokter gigi untuk perawatan yg tepat.

  15. Dok,Gigi depan sy udh dtambal,tp keliatan jelek gk nyatu sm gigi asliny,gmana crany biar tambelanny gk keliatan?

  16. Ovi

    Dok, kenapa gigi yang sudah ditambal bisa sakit lagi dan terasa sakit sekali

    • Coba langsung dibawa kembali ke dokter gigi yg merawat sebelumnya dan jelaskan keluhan yg dialami sekarang.

  17. Lisa

    dok, gigi syaya depan agak samping itu agak masuk ke dalam soalnya gingsul, dan karena masuk itu tanpa saya sadari ada lubangnya dok, kira2 kalau d tambal apa perlu d pasang mahkota dok ? terus kalau mau pasang behel apa bisa tetap mempertahankan gingsulnya ? terimakasih

    • Kalau masih lubang kecil bisa ditambal biasa.
      Pakai behel untuk mempertahankan gingsul? Buat apa dibuatkan behel kalau begitu? πŸ™‚

  18. apa effect tambal gigi?

  19. Syakur

    Brp biaya tmbl gigi dok, gigi graham sy udah bsar lubangnya dn smpe ke akar, msh bsa dtambl.?

  20. sela

    Dok….saya mau tanya… Saya menggunakan mahkota gigi lepasan untuk 2 gigi depan atas saya… Tanpa saya sadari plat mahkota gigi tersebut membuat gigi2 saya yang brd sepanjang plat keropos, emailnya agak terkikis dan ada yg berlubang…. Apa itu masih bisa diperbaiki? Dg cara apa dan bagaimana? Oh iya kalau ada mahkota gigi bisa dipasang behel nggak? Dan brp biayanya? Terimakasih…

    • Terus terang saya kurang tahu ttg mahkota gigi dengan plat seperti yg mbak sebut diatas. Untuk solusi gigi yg keropos adalah dg segera menambalnya sebelum terlalu parah. Mengenai bisa tidaknya dipasang behel juga harus dilihat seperti dulu mahkota yg dimaksud seperti apa. Terima kasih.

  21. Dewi

    Dok, berapa biaya utk bersihin gigi dan tambal gigi ya? saya kurang memperhatikan kesehatan gigi, shingga gigi saya banyak lubangnya..
    Makasi, Dok

  22. Hendra

    Dok, saya pernah tambal gigi geraham sudah dua kali pada gigi yang sama di sebuah rumah sakit. Namun dua bulan setelah itu tambalan nya sedikit demi sedikit makin habis danbolong pada gigi saya kembali pada keadaan semula. Saya minta sarannya apa ada jenis bahan tambalan gigi yang direkomendasikan kuat dan tahan lama. Terimakasih dok..

    • Harus dilihat langsung terlebih dahulu bagaimana bentuk gigi yang tersisa. Rata2 bahan tambal saat ini sudah sangat baik, mungkin ada kekurangan pada bentuk gigi yang tersisa atau hal lainnya. Coba dibawa kembali ke dokter yg menambal sebelumnya atau boleh juga mencoba ke dokter lain untuk memastikan.

Comment navigation

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: