Apakah gigi kita yang sudah dicabut bisa tumbuh kembali?

sumber gambar : google.com

Ketika kita masih anak-anak dulu, gigi sulung kita yang telah lepas / dicabut akan kembali tumbuh bahkan lebih besar dan lebih kuat dari gigi kita sebelumnya. Banyak orang bahkan berpikir bahwa gigi kita akan selalu tumbuh kembali begitu kita mencabut gigi kita yang telah rusak. Namun tahukah anda? Bahwa dalam siklus hidup manusia, gigi kita hanya akan berganti 1 kali saja? Sedih memang, mengingat mulut kita akan tetap ompong apabila kita terpaksa untuk mencabut gigi kita yang rusak saat kita dewasa. :D Lantas kapankah siklus pergantian gigi yang hanya sekali tersebut terjadi? Apakah saat kita dewasa gigi kita masih ada yang akan tergantikan? Mari kita bahas. :)

Proses pembentukan gigi manusia sebenarnya telah dimulai sejak masa dalam kandungan, tepatnya pada masa kehamilan 4-5 bulan. Pada masa-masa awal tersebut benih gigi sulung sudah mulai terbentuk bahkan memenuhi rahang atas dan bawah bayi. Lantas kenapa pada sebagian besar bayi yang baru lahir tetap tidak memiliki gigi? Karna benih gigi sendiri baru akan “matang” dan siap untuk erupsi (keluar dari tulang rahang dan gusi) saat bayi berusia 6-7 bulan. Gigi yang paling pertama tumbuh adalah 2 gigi depan bawah atau insisivus sentral rahang bawah. Sedangkan gigi-gigi lainnya akan tumbuh berurutan dan lengkap sampai si anak berusia 2 setengah sampai 3 setengah tahun.

Nah, gigi sulung yang baru tumbuh sempurna saat kita berusia 3 setengah tahun tersebut tidaklah akan berusia lama. Karena pada usia 6 tahun gigi susu yang telah tumbuh susah payah tersebut akan mulai tanggal / lepas dan digantikan oleh gigi permanen. Proses tanggal gigi sulung dan digantikan oleh gigi permanen itupun sama seperti saat gigi sulung kita tumbuh, satu persatu. Dimulai dari gigi bawah depan juga dan diakhiri oleh tumbuhnya gigi geraham ketiga (molar 3) saat kita menginjak usia 18-25 tahun. Nah, proses pergantian gigi sulung ke permanen satu persatu sampai kita remaja inilah yang sering membuat kita salah paham. Karena merasa proses tanggal dan digantinya gigi masih ada yang terjadi saat kita dewasa. Padahal gigi yang tanggal dan diganti tersebut hanyalah terjadi pada gigi sulung.

Lantas apakah bisa kita mempercepat proses pergantian gigi sulung menjadi gigi permanen? Apakah ketika kita mencabut gigi anak maka gigi tersebut akan langsung tumbuh? Jawabannya adalah tidak, proses pergantian gigi tetap sesuai jadwal pertumbuhannya. Tidak dapat dipercepat dengan mencabut gigi sulung lebih awal. Itulah sebabnya banyak dokter gigi yang memilih untuk menambal ataupun mempertahankan gigi anak walaupun giginya telah rusak parah karena usia si anak masih cukup jauh dari masa pergantian giginya tersebut. Intinya, gigi sulung tetap memiliki fungsi penting jadi tidak bisa sembarang kita cabut. Pembahasan lebih lengkap tentang fungsi gigi sulung akan saya buat setelah post ini :D (baca juga: “fungsi gigi susu/sulung”)

Jadi kapan dan bagaimana urutan pergantian gigi kita? Silahkan lihat tabel di bawah :)

Keterangan tabel:

Susunan Gigi Sulung dan Permanen
sumber gambar : google.com

Insisivus : gigi seri (4 gigi paling depan)

Caninus : gigi taring

Premolar : 2 gigi dibelakang taring (geraham kecil)

Molar : gigi geraham

(Urutan gigi 1 – 2 – 3 dihitung dari depan tengah)

Tabel (klik gambar untuk memperbesar) :

Gimana? Masih kurang? Malu bertanya sesat di selokan. Jangan ragu untuk comment :D

Dokter Gigi Nyoman Wikarna

Praktek: Jl. Gatot Subroto VI no. 5 (100 meter utara RS Puri Bunda) -> map

Buka Senin – Jumat kecuali hari libur, jam 5.30 -8.30 malam.

About these ads
Categories: Pengetahuan | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post navigation

744 thoughts on “Apakah gigi kita yang sudah dicabut bisa tumbuh kembali?

Comment navigation

  1. trus klw biaya penambalan dan pembuatan gigi palsu biasanya brp ya dok?

  2. khairie

    dok, gigi depan yg atas saya goyang sedikit dan di bawahnya ada gigi yang mau tumbuh .bagaimana caranya supaya gigi yg goyang itu cepat terlepas ? umur saya 16

    terimakasih

  3. Ma kasih buat informasinya ya, ngomong2 gabung ya sama aq d jaring twitter.

  4. Ma kasih buat informasinya ya, ngomong2 gabung ya sama aq d jaring4ng twitter.

  5. rina

    dok, gigi graham sebelah kanan saya bolong parah, kalau di cabut bisa sembuh lagi gak?? kalau di tambal aja gimana dok?

    • Gigi permanen tidak bisa tumbuh lagi. Coba dibawa ke dokter gigi langsung, kalau belum terlalu parah bisa ditambal.

  6. lolla

    dok saya mau tanya saya lolla umur 25th, ingin menanyakan tentang tumbuhnya ggi graham saya. sejak umur 22tahun tumbuh 1 dan proses tumbuhnya lama dan sakit. padahal saya dulu tidak pernah sakit gigi, butuh 1tahun lbih untuk penyempurnaan gigi graham itu. sekarang juga di usia 25 th gigi saya yang graham tumbuh lagi tapi baru mulai linu dan ngilu di gigi, karna semua gigi merapat. semula gigi saya renggang sekarang merapat dan sering sakit gigi. apakah ini normal dok?

    • Gigi geraham paling belakang? Geraham paling belakang memang tumbuh terakhir dan seringkali posisinya sangat susah dan menimbulkan rasa sakit. Tidak jarang akhirnya memerlukan tindakan operasi untuk mengatasinya.

  7. printis nur

    kalau gigi patah gimana dok?cara memperbaharui

  8. Dok Gigi graham saya mau patah..umur saya udah 14 thn..Adakah Gigi saya masih bisa tumbuh dok atau perlu Gigi Palsu???lagi pun Gigi graham atas (no.2) Belum pernah patah Dari umur saya masih 12 thn..

    • Gigi permanen tidak bisa tumbuh dan digantikan lagi. Coba periksakan langsung ke dokter gigi, siapa tau belum terlalu parah.

  9. Gina

    Dok, umur saya 23 thun, gigi depan bagian bawah berwarna hitam tapi saya tidak merasakan sakit, saya ingin mencabutnya karena saya malu kalau senyum atau ketawa, apakah gigi saya bisa tumbuh lagi????

  10. okika

    dok gigi saya satu ini masih bagus, gx ada bolong, tpi kadang” kok nyut” ya tapi tdk sakit dok?? apa sih penyebabnya??

    • “Nyut” sekali kali masih normal, tapi kalau sudah terlalu sering dan mengganggu coba diperiksakan ke dokter gigi.

  11. anon

    dok, saya umur 16. gigi taring saya masih belum dicabut dari kecil dan tidak goyang. tidak ada juga gaya gigi mahu tumbuh. adakah gigi baru akan tumbuh jika saya cabut gigi saya ketika umur sebegini.

    • Gigi geraham paling belakang masih akan tumbuh sampai usia 20an. Yg jelas gigi permanen tidak digantikan lagi setelah rusak.

  12. Jepri

    Dok gigi saya yang atas 2 di depan,, saya cabut terus skarang saya pake gigi plsu,,, apakah gigi saya akan tumbuh lagi,, umur saya 22 tahun ,,, mohon infonya dok,soal nya saya gak pd pake gigi palsu,,

  13. putra

    dok..umur saya 42 th, saya tidak pernah periksa gigi sebelumnya tapi akhir2 ini gigi geraham saya sakit ( berlobang ) dan gigi seri atas dan bawah goyang kalau di pakai makan sakit sekali,,,mohon infonya dok kalau menambal gigi dan pasang gigi palsu berapa? terimakasih sebelumnya

  14. mega

    dok, umur saya 12 thn tpi kenapa gigi susu atas saya gak mau lepas ?

    • Bisa karena benih gigi permanennya tidak ada, atau karena posisi gigi permanennya salah. Coba periksakan dengan foto rontgen untuk memastikan.

  15. dok, umur saya 12 thn tpi gigi susu depan yg atas belum lepas ??
    apa penyebabnya ya dok??

  16. dok, umur saya 12 tahun, tapi gigi susu depan yg atas saya belum berganti dgn gigi dewasa

  17. dok.
    Umur saya 19 tahun gigi saya jarang jarang, menurut dokter gigi saya kira kira bisa dirapat kan dok?
    Dan gigi saya sperti berkarat oleh krna asap rokok warna karat itu susah dihilangkan, apakah bisa dihilangkan stelah saya pergi kedokter gigi dok.
    Mohon jawabanya dok
    .TERIMA KASIH

  18. muhammad difa ahsani

    Dok gigi seri atas saya copot saat saya berumur 8 tahun tetapi sekarang saya sudah berumur 12 tahun tapi kok belum tumbuh juga dok padahal baru copot sekali mohon jawabannya dok!!

    Terimakasih!!!

  19. Indah

    Dok usia sya 25thn menuju 26thn,, blm lama sya cabut gigi geraham atas. selama ini sya tdk pernah cabut gigi.. Apakah gigi sya bs tumbuh kembali?

    Sejak sya SD gigi geraham bawah sya pernah ditambal 1x, tp skrg sudah hancur & menghitam, tp sya tdk pernah merasakan sakit gigi skalipun. apakah sya hrs mencabutnya jg?
    Mohon jawabannya.

    Terima kasih

    • Gigi permanen tidak bisa digantikan/tumbuh kembali. Untuk gigi yg sudah terlanjur hancur ya harus dicabut.

  20. rizal setiawan

    dok saya mau nanya gusi saya turun parah (yg atas) umur saya 16 tahun kira kira solusinya gimana dok ? :(

    • Solusinya banyak, tapi tetap harus dilihat langsung terlebih dahulu. Silahkan memeriksakan langsung ke dokter gigi.

  21. Firman Sahita

    dok saya mau nanya , saya umur 14th tapi gigi geraham saya berlobang parah , kalo gigi geraham saya dicabut , bisa gak gigi geraham saya tumbuh lagi ?

  22. Dok, umur saya 22 tahun, gigi depan bagian atas saya sedikit goyang, sepertinya gara2 karang gigi, kira2 bisa diatasi tidak agar kembali kuat..
    soalnya kan klo dicabut, gigi permanen tidak bisa tumbuh lagi dan saya juga mau tanya kira2 kalo membersihkan karang2 gigi, berapa ya dok?
    terima kasih sebelumnya :)

  23. Rahmi

    Dok saya umur 14 tahun. gigi taring saya masih gigi susu, belum gigi permanen. Jika saya cabut apakah gigi permanen saya masih bisa tumbuh ? Terimakasih

  24. RINDI REZEKI PUTRA

    Dok, umur saya baru awal 17 tahun
    gigi geraham atas saya berlubang dan sakit….
    kira kira masih bisa tumbuh gak dok ???,
    saya juga tidak tahu ini gigi permanen atau bukan dan saya rasa giginya belum pernah tanggal sebelumnya….

    ooh iya ,dan juga dok ,, gigi saya ada yang sudah hancur tetapi tidak dicabu, kaya ompong gituu, ttapi masih ada dikit di dekat gusinya, apakah masih bisa tumbuh dok….???

    Terima kasih.

    • Geraham pertama umumnya tumbuh usia 6 tahun dan tidak menggantikan gigi sulung, sehingga banyak orang mengira itu merupakan gigi sulung jga. Gigi permanen tidak bisa digantikan/tumbuh baru lagi.

  25. Viphie

    Dok saya umur 22 thn tp gigi saya rusak hmpir smua bgian bwah…saya sedih dokter…cuma ada gigi pling blkang 2 yg ru tumbuh…gmn ya dok solusinya masa masi muda ompong

    • Sikat gigi yg benar secara teratur, kontrol ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali, lubang kecil segera tambal jgn ditunggu parah. Untuk yg terlanjur parah ya harus dicabut sbelum merembet ke gigi dan bagian tubuh yg lain, buatkan gigi palsu setelahnya.

  26. Dok, umur sy 17thn , gigi taring sy belum tumbuh di sebelah kanan, nah urutan gigi saya itu setelah gigi susu langsung gigi taring tidak ada gigi seri. beberapa minggu lalu sy sudah foto rotgen untuk melihat benihnya, saat di lihat ternyata benihnya ada tp miring, dokternya bilang untuk menunggu beberapa bulan lg, menurut dokter bagaimana? gigi taring sy bs tumbuh tidak? Tolong penjelasannya dok, thanks

    • Untuk yg seperti ini harus dilihat rontgennya langsung. Selama miringnya tidak terlalu keras kemungkinan untuk tumbuh memang masih ada.

  27. juliver

    Dok gigi geraham saya yang kiri udh bolong 2 apakah bisa tumbuh lagi

  28. juliver

    gigi geraham kiri yang bawah bolong 2 apakah msh bisa tum,buh

  29. Dok,.Umur saya 25 Thn,
    Gigi Geraham saya Bolong,.Kalo di Cabut apakah masih Bisa Tumbu atau Tidak?
    Terima kasih,..

  30. Rian

    malam dok mau nanya nih,,, sy rian umur sy 21 tahun, , mau konsultasi, gigi taring saya udah goyang banget apa perlua untuk dicabut trus ganti gigi palsu atw gmna dok?? soalx ini juga sakit”….makasi,,,

    • Kalau sudah goyang dan sakit ya segera cabut. Untuk gigi palsu dan sebagainya harus dilihat langsung terlebih dahulu.

  31. Saya umur 17th apakah gigi taring saya yang baru copo masih bisa tumbuh lagi? thanks

  32. achmad

    dok sekarang saya umur 22 tahun, gigi seri saya bagian bawah ada yg kecil kok gag bisa besar2 sampai sekarang, apakah itu masih gigi susu? Bagaimana kalo saya cabut apakah bisa tumbuh dgn gigi baru? Makasih :)

    • Kalau yg seperti ini harus dilihat langsung. Terkadang memang ada beberapa orang memiliki gigi yg tumbuh lebih kecil dari orang laen. Untuk tumbuh tidaknya lagi yg jelas gigi permanen/dewasa tidak bisa tumbuh kembali.

  33. emilia

    hy dok, dulu saya pernah operasi gigi waktu saya umur 11 tahun. 4 geraham saya di cabut. belum ada satu pun yang tumbuh. tapi waktu saya 17 tahun tiba2 gigi gerahan atas sebelah kiri saya seperti nya mau tumbuh. apakah mungkin untuk tumbuh sepenuhnya?

  34. emilia

    hy dok, dulu saya pernah operasi gigi waktu saya umur 11 tahun. 4 geraham saya di cabut. belum ada satu pun yang tumbuh. tapi waktu saya 17 tahun tiba2 gigi geraham atas sebelah kiri saya seperti nya mau tumbuh. apakah mungkin untuk tumbuh sepenuhnya?

  35. hilmi

    Dok saya mau tanya , umur saya kan 17 tahun , saya baru mengalami kecelakaan gigi seri atas saya 2 patah , patahan 1 separoh , patahan ke 2 sedikit , saya mau tanya apakah masih bisa tumbuh lagi ? Saya udah ke klinik katanya kemungkinan masih bisa tumbuh ? Apa benar ? Gigi seri atas saya 2 belum pernah copot dok dari kecil

    • Coba dilakukan foto rontgen pada 2 gigi tersebut. Kalau memang benar gigi sulung maka justru perlu dicabut agar tidak menghalangi gigi permanennya tumbuh. Kalau ternyata yg patah tersebut sudah permanen maka cepat ditambal agar tidak terlanjur parah.

  36. hilmi

    Dok saya mau tanya ? Umur saya 17 tahun saya baru ajah mengalami kecelakan dan mengakibatkan gigi seri atas saya patah 2 , patahan 1 separoh , patahan ke 2 sedikit . Apa bisa numbuh lagi ? Soalnya gigi seri saya dari kecil gak pernah copot. Dan saya udah ke klinik katanya kemungkinan bisa tumbuh ? Apa benar ?

  37. ferry

    Saya umur 15 dan barusan gigi saya ada yg copot satu, apakah bakalan tumbuh lagi?

  38. siang,dok….saya punya anak umur 8 tahun….gigi bawahnya sudah tumbuh tumbuh gigi pengganti tapi gigi bagian atas (gigi susu ) belum ada satu pun yang lepas….kapan ya kira2 gigi susu bagian atasnya lepas….? apakah ini perlu dikhawatirkan

    • Gigi atas memang normalnya muncul setelah gigi bawah tumbuh. Umumnya gigi seri atas, kiri dan kanan tumbuh usia 7-9 tahun.

  39. fauzi

    sore dok, dok belum lama saya cabut gigi. geraham bawah ( no 2 dari belakang), bbrp hari terasa agak sakit. namun sekarang tumbuh gigi baru. apa umur 36 th seperti saya masih bisa tumbuh gigi lagi?

  40. bagus

    sore dok . gigi depan saya yang atas mau copot 1 ni dok. umur saya 17 tahun dok. apa bisa tumbuh lagi.
    makasih.

  41. dok umur saya 18 tahun gigi graham udah rusak parah apa masih bisa ditambal atau di cabut

  42. nico nu mero

    dok umur saya 14 tahun. nah gigi graham saya itu goyang. itu harus di apakan? di cabut apa ditambal? kalau di cabut bisa tumbuh apa tidak dok?

  43. Permisi dok, boleh tanya biaya buat perawatan gigi, dari membersihkan plak/karang gigi, menambal gigi, mencabut gigi dan pemasangan bracket gigi. Terima kasih :)

  44. yulianto

    Dok. Umur saya 28 tahun..gigi geraham saya berlubang parah. awalnya saya tambal tapi setelah beberapa kali tamabal terus rusak lagi lantaran pecah saat mengunyah. sampai saat ini gigi geraham tersebut sudah tinggal akar..tapi belakangan ini saya lihat akarnya mumai berlubang juga kebawah.. pernah mau dicabut sama dokter tapi saya tidak kuat menahan sakitnya, sudah disuntik bius 5 kali tapi tetep sakit saat dicabut. akhirnyapun saya menyerah..bagaimana solusinya dok.

Comment navigation

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.318 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: